Sabtu, 11 Desember 2010

Kehujanan bisa bikin sakit???

Filled under:

Virus Influenza vs Air Hujan



Makanya jangan suka hujan2an”, itu yg slalu dikatakan ortu ane. Sudah 3 hari ini ane kena batuk pilek, kayanya ane terserang Virus Influenza deh. 
Tapi rekan2 ada yg tau g, adakah hubungan antara virus influenza dengan air hujan? Yup, jawabannya adalah “Tidak”. 

Trus kenapa kita bisa sakit klo abis keujanan? Ternyata yang bikin kita sakit bukan air hujan, tapi “keyakinan” kita pada doktrin bahwa kalo abis kehujanan pasti sakit. Nah keyakinan tersebut akan menimbulkan “kecemasan” di otak. Kecemasan itu bisa meningkatkan kadar "Hormon Kortisol”. Bila Hormon kortisol naik, secara otomatis “kekebalan tubuh” kita akan menurun, dan tentunya kondisi ini akan memudahkan para Virus untuk menyerang tubuh kita.

Betulkah keyakinan sangat berpengaruh? Ane ingetin lagi neh, Allah saja sebagaimana keyakinan kita kepada-Nya seperti dlm sebuah hadits qudsi yg artinya: “Allah berfirman: Sesungguhnya Aku ini bagaimana prasangka hamba-Ku terhadap-Ku”. Klo kita yakin akan sakit, y berarti kita telah melontarkan doa jelek.

Lalu air hujan? Seperti dikatakan tadi, air hujan ga ada hubungannya dengan “Virus Influenza” (bukan sodara bukan tetangga,,,he,,). Klo ane liat di kitab2 klasik (wew,, jd ky ahli aza,, he,,), banyak para ulama dahulu mengatakan bahwa air hujan itu adalah “Raja Segala Obat”. Dalam Al-Qur’an : “Dan dari langit Kami turunkan air yang memberi berkah” (Q.S. Qof: 9). So, air hujan tidak membawa virus influenza dari langit,,,he,,,

Coba deh sobat2 yakin hal diatas, Insya Allah deh lebih kebal terhadap penyakit. Ane udah percaya ko sekarang ane sendiri sakit? Ya, ane juga khan Manusia, punya hati punya rasa,,,,he,,, Tapi ane bersyukur masih bisa sakit, yg lain banyak yang udah g bisa sakit lagi,,,,

Bwt sobat2 yg pengen kebal penyakit, musti perhatiin Hormon yg satu ini neh, Hormon Kortisol. Teken sererndah2nya Hormon satu ini biar kekebalan tubuh kita selalu terjaga.

Oia, ada saat-saat Hormon kortisol kita naik, yaitu pada sekitar jam 4 dini hari dan jam 4 sore hari. Adakah ciri2nya? Tentu, ciri ketika Hormon ini meningkat yaitu datangnya rasa malas yg teramat. Coba inget2 lagi, bangun jam 4 subuh males g,,?? Klo ane sih iya,,he,,,, nah, kalo kita turutin malesnya, maka Hormon ini makin meningkat. Seharusnya jangan kita turutin biar kadar hormonnya turun lagi. So, jangan turutin Rasa malas Kapan pun Dimana pun,,,,,,

Menurut pengalaman ane dulu sih, waktu kena virus influenza saat liburan khan jadi males segala macem, biasanya ane tiduran aza, eh,,, malah makin parah. Tapi waktu kena virus pas waktu sekolah, ane slalu maksain masuk sekolah, disekolah khan banyak aktifitas, terkadang 2 hari aja dah sembuh atw ga jadi sakitnya,,,,,

Hormon Kortisol meningkat ==> Malas ==> Kekebalan tubuh menurun

Moga bermanfaat

2 komentar:

Silahkan Tinggalkan Pesan Di sini